Sabtu, 23 Februari 2013

Sambut Cap Go Meh, Pontianak Gelar Tour d'Khatulistiwa

Pontianak - Persiapan perayaan Cap Go Meh di Pontianak sepertinya akan berlangsung meriah seiring dengan diadakannya lomba balap sepeda bertajuk Tour d'Khatulistiwa, yang akan dibuka oleh Menko Kesra Agung Laksono hari ini, Sabtu (23/2/2013).

Tour d'Khatulistiwa, lomba balap sepeda yang digagas Kemenkokesra bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kalimantan Barat di mana akan ada dua jenis perlombaan, yakni City Road Race yang mengambil lintasan di ibukota Pontianak sepanjang 50 km dan digelar sehari sebelum Singkawang Endurance Challenge. Perlombaan sebanyak 12 lap dengan hadiah total senilai Rp 500 juta.

Sementara Singkawang Endurance Challenge adalah lomba single stage yang menempuh jarak 153 km dari Pontianak ke Singkawang dan diikuti 300 peserta dari 10 negara Asia Tenggara plus China.

"Bersamaan dengan Cap Go Meh, tapi lain hal kali ini ada sesuatu yang bisa kita kemas dipadu dengan potensi yang dimiliki. Di sini sudah ada komunitas masyarakat gemar bersepeda, ini kita padukan dan diharapkan tiap tahun bisa dilaksanakan yaitu City Road Race Pontianak," kata Agung di rumah dinas Gubernur Kalimantan Barat, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (22/2/2012).

Agung menyebutkan Tour d'Khatulistiwa awalnya sempat tidak mendapat respon positif dari masyarakat di sana namun dengan dilakukannya uji coba, mulai terlihat masyarakat tertarik dengan acara tersebut.

"Uji coba satu hari, ternyata dapat dukungan dari masyarakat. Mereka semula ragu-ragu, apakah bisa lancar, ternyata berjalan dengan baik," sambung Agung.

Agung berharap dengan olahraga bersepeda dari Pontianak menuju Singkawang ini dapat melahirkan atlet balap sepeda baru, sekaligus Tour d'Khatulistiwa ini juga sebagai bentuk peningkatan infrastruktur di Kalimantan Barat.

"Saya kira ini satu langkah yang diharapkan jadi agenda tahunan. Siapa tahu dari sini bisa lahir bibit-bibit atlet olahraga sepeda yang baik. Sebetulnya, sarananya cukup luas, sarana di Kalimantan tersambung dengan infrastruktur yang ada, jadi itulah alasan diselenggarakan Tour d'Khatulistiwa."

"Jadi ini mendorong pemerintah daerah dan pemerintah kabupaten untuk memperbaiki serta memelihara infrastruktur yang ada. Jadi banyak nilai-nilai positif dari kegiatan seperti ini."

Tour d'Khatulistiwa ini rencananya akan dimulai pukul 06.30 WIB ini dan Agung mengharapkan perlombaan ini dapat membantu promosi wisata di Kalimantan Barat, terutama di kota seribu klenteng Singkawang yang akan dihiasi lampion-lampion cantik menyambut Cap Go Meh.

"Saya mengharap besok (hari ini), saya mendengar banyak hadir duta-duta besar dan peserta Tour d'Khatulistiwa ini sudah dimulai dengan hadirnya peserta dari Malaysia. Saya berharap kepada Pak Gubernur Kalimantan Barat, 2014 dan seterusnya, kalau bisa 10 negara ASEAN. Ini adalah tempat promosi yang sangat potensial untuk kepentingan masyarakat sendiri," tutup Agung.

0 komentar:

Poskan Komentar